Gedung Utama Kementerian PUPR salah satu Green Building di kota Jabodetabek.

Sejauh ini, kita melihat biasanya gedung yang dibangun dengan predikat green and sustainable building merupakan gedung kantor yang akan disewakan kepada penyewa asing. Meski demikian, ada juga beberapa gedung pemerintah yang telah mendapatkan sertifikasi ini.
Gedung Utama Kementerian PUPR adalah gedung ramah lingkungan yang dibangun dengan konsep green building dengan estimasi penghematan listrik sekitar 40%.
GBCI(Green Building Council Indonesia) mengungkapkan desain keseluruhan gedung lebih mengandalkan penerangan alami dari sinar matahari pada siang hari dan juga menerapkan sensor penerangan otomatis yang akan memadamkan lampu ketika tidak ada orang di setiap ruangannya. Green Building Council Indonesia (GBC) Siti Adiningsih Adiwoso menyatakan, sertifikasi gedung hijau yang diberikan oleh institusinya memiliki beberapa indikator, yaitu:
  1. Menerapkan sistem daur ulang penggunaan air untuk menghemat konsumsi air.
  2. Tepat guna lahan
  3. Efisiensi dan konservasi energi
  4. Tidak menggunakan energi/lampu pada pagi/siang hari, karena jendela yang besar sudah sangat cukup untuk masuknya matahari ke dalam seluruh ruangan.
  5. Konservasi air karena menerapakan system daur ulang untuk menghemat konsumsi air.
  6. Kualitas udara yang baik karena mengadakan ruang terbuka hijau sebesar 30% dari total luas lahan dan kenyamanan udara dalam ruang.
  7. Pengembangan kampus dengan luas ruang terbuka hijau (RTH) yang lebih besar
  8. Jarak septic tank dari sumur air bersih minimal 15 meter, lebih panjang 5 meter dari angka ideal yang ditetapkan tahun lalu serta manajemen lingkungan bangunan.
  9. Manajemen persampahan yang terintegrasi.
  10. Lingkungan kampus PUPR juga didesain ramah bagi penyandang difabel dengan dibangunnya jalur landai dan jalur kuning tuna netra di area pejalan kaki dan memiliki taman dengan bangku-bangku sebagai ruang terbuka hijau.
  11. Pembatasan sirkulasi kendaraan bermotor
  12. Jalur pejalan kaki yang terintegrasi, termasuk untuk difabel
  13. Material yang digunakan



                        





Komentar

Postingan populer dari blog ini

KLA 2019

Thalita Mountain Resort, Puncak Jawa Barat, Merupakan Salah Satu Eco-Building di Indonesia