ARANSEMEN LAGU

Pengertian Aransemen
           Aransemen berasal dari bahasa Belanda yakni "Arrangement" yang artinya adalah penyesuaian komposisi musik dengan nomor suara penyanyi atau instrumen musik yang didasarkan atas sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musiknya tidak berubah. Orang yang melakukan aransemen lagu dikenal dengan sebutan Arranger atau pengaransemen. Modal dasar yang harus dimiliki oleh seoramg arranger adalah menguasai pengetahuan tentang harmoni.


    Di kesempatan kali ini, saya dan teman-teman saya mendapat tugas kelompok untuk mengaransemen lagu. Kita memilih untuk mengaransemen lagu nusantara. Lagu-lagu nusantara yang kita pilih antara lain:


1. Yamko Rambe Yamko
       Merupakan lagu yang berasal dari Irian Jaya/Papua. Lagu ini merupakan lagu sedih, karena menceritakan kisah di daerah mereka yang sedang mengalami perang antar suku. Walaupun tempo lagunya cepat dan terkesan riang, sebenarnya makna dari lagu ini cukup menyedihkan.
         Lagu ini menceritakan tentang sebuah pertikaian yang terjadi di dalam negeri. Di dalam lagu ini, pelantun lagu ingin menjadi bunga bangsa. Bunga bangsa yang dimaksud adalah pahlawan yang rela berkorban, bahkan sampai mati untuk mempertahankan negara Indonesia ini dari para penjajah.

2. Manuk Dadali
         Manuk Dadali merupakan salah satu lagu Sunda asal daerah Jawa Barat. Manuk Dadali yang berarti Burung Garuda merupakan lagu penuh rasa nasionalisme yang menceritakan keperkasaan burung garuda yang merupakan lambang dari Indonesia.

3. Ondel-Ondel
         Lagu Ondel Ondel diciptakan oleh Benyamin S. Lagu ini memiliki makna untuk mengajak para pendengar lagu menonton ondel ondel dan juga untuk menggambarkan keadaan bagaimana pentas ondel ondel tersebut.

4. Kampuang Nan Jauh Di Mato
          Lagu kampuang nan jauh di mato menceritakan tentang seseorang yang sudah tidak pernah/jarang pulang ke kampung halamannya dan rindu ingin pulang ke kampung halamannya tersebut.

5. Gemu Famire/Maumere
          Lagu ini sangat populer di tanah Indonesia bahkan sampai ke seluruh Indonesia yang dijadikan untuk pengiring senam. Makna dari lagu ini sendiri belum saya ketahui, karena saya belum menemui artikel tentang makna dari lagu ini.


Berikut ini adalah foto-foto saat kelompok saya tampil:



















sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Aransemen
https://rindang.org.id/1249-2/
https://www.empetilu.top/2015/04/apa-makna-yang-terkandung-pada-lagu-9.html
https://brainly.co.id/tugas/6490015
https://brainly.co.id/tugas/1596596
https://www.kumpulanlagudaerah.web.id/2016/10/lirik-lagu-gemu-famire-maumere.html
http://taniaaulian.blogspot.co.id/2017/05/aransemen-lagu.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gedung Utama Kementerian PUPR salah satu Green Building di kota Jabodetabek.

Thalita Mountain Resort, Puncak Jawa Barat, Merupakan Salah Satu Eco-Building di Indonesia

Kritik Arsitektur